Melihat Kabah Saja-pun Termasuk Ibadah yang Besar, Apalagi Bila Sambil Baca Doa Melihat Kabah Ini!

Ketika kita sedang melaksanakan haji dan umroh maka aktifitas kita yang paling sering dan lama tentu saja adalah berada di kompleks masjidil haram.

Di sana ada banyak ibadah yang bisa kita laksanakan untuk lebih mendapatkan kesempurnaan ibadah kita di tanah  suci.  Oleh karena itu selain memperbanyak ibadah yang sudah biasa kita kerjakan seperti sholat berjamah, sholat dhuha, sholat tahajud, membaca alquran,berdzikir, juga sedapat mungkin melaksanakan ibadah yang hanya bisa dikerjakan di sana seperti thawaf sunah ataupun bila kita capek kita bisa melihat kabah dengan penuh penghormatan.

Melihat kabah juga termasuk ibadah yang sangat mustahab sebagaimana hadist berikut ini:

Dari abdulloh bin abbas R.A, Ia berkata Rasululloh bersabda sesungguhnya dalam setiap hari, siang dan malam, seratus duan puluh rahmat Alloh SWT turun di atas kabah. 60 diantaranya untuk orang-orang thawaf, 40 untuk orang yang shalat dan 20 untuk orang yang memandanginya saja (ibnu Ady dan baihaqi, durul mantsur)

Oleh karena itu melihat kabah saja adalah termasuk juga ibadah.

Seorang ulama berkata barangsiapa yang melihat Kabah denagn iman dan keyakinan yang lurus ia akan keluar dari dosa-dosanya sebagaimana bayi yang baru lahir.

Abus saib madani Rah.A berkata barangsiapa melihat Kabah dengan iman dan tasydid, maka dosa-dosanya kan berguguran sebagaimana daun berguguran dari pohonnya. Dan barangsiapa yang duduk di masjidil haram dan hanya memandangi kabah terus menerus walaupun ia tidak mengerjakan thawaf dan sholat nawafil itu lebih utama dari orang yang sholat sunah nawafil di rumahnya dan tidak melihat Baitulloh.

Atha rah a berkata berkata bahwa melihat Kabah juga termasuk ibadah dan orang yang melihat Kabah adalah seperti orang yang tahajud pada malam hari, berpuasa pada siang hari, berjuang di jalan Alloh dan taubat kembali kepada Alloh. Juga masih menurut beliau melihat Baitulloh satu kali pahalanya sama dengan pahala ibadah nawafil selama setahun penuh.

Ibrahim Nakhai rah. A berkata bahwa orang yang melihat Kabah sama dengan berusaha terus menerus dalam ibadah diluar Mekah.

Akan lebih baik bila kita sambil melihat baitulloh membaca doa melihat kabah berikut ini:

Doa melihat kabah (baitulloh)

Doa melihat kabah (baitulloh)

Artinya:

Ya Alloh, tambahkanlah kemuliaan, keagungan, kehormatan dan wibawa pada kabah ini. Dan tambahkan pula pada orang yang memuliakan, mengagungkan, dan menghormatinya diantara mereka yang berjanji atau yang berumrah dengan kemulian, keagungan kehormatan dan kebaikan

Semoga Alloh menerima Haji dan Umroh kita. Amien.

Incoming search terms:

  • melihat apa saja y termasuk ibadah
Melihat Kabah Saja-pun Termasuk Ibadah yang Besar, Apalagi Bila Sambil Baca Doa Melihat Kabah Ini! | kangbambang | 4.5