5 Perbedaan Haji dan Umroh

Ibadah Umroh mirip dengan ibadah haji. Umroh disebut dengan haji kecil, artinya apa yang dilakukan ketika umroh dilakukan juga ketika haji ditambah dengan beberapa amalan lain seperti Wukuf di arafah, mabit di muzdalifah dan melempar jumrah di Mina. Berikut ini akan disampaikan perbedaan lain antara haji dan umroh:

5 perbedaan haji dan umroh

1. Secara hukum ibadah haji hukumnya adalah wajib dan tidak ada perbedaan pendapat di kalangan ulama mengenai hal ini. Sedangkan mengenai ibadah umroh ada perbedaan pendapat dari ulama mengenai hukumnya. Menurut Imam Abu Hanifah dan Imam Malik rah.a umroh itu hukumnya sunah. Sebaliknya menurut Imam syafiie dan imam ahmad hukumnya wajib. Oleh karena itu menurut keduanya berumroh satu kali bagi yang mampu hukumnya wajib.

2. Haji hanya bisa dilakakukan di musim haji yang waktunya hanya sekali setahun. Inti dari ibadah haji adalah yaitu wukuf di arafah yang harus dikerjakan tanggal 9 dzulhijah. Sedangkan ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja selain bulan haji tentunya.

3. Tempat pelaksanaan ibadah umroh hanya di komplek masjidil haram saja. Ketika melaksanakan umroh yang dimulai dari tawaf mengelilingi kabah sebanyak 7 kali, sai antara shafa dan marwa 7 kali dan terakhir tahalul semuanya bisa dikerjakan di komplek masjidil haram. Sedangkan ibadah haji selain apa yang dilakukan ketika umroh, selain itu juga wajib mendatangi area lain di luar kota mekah yaitu Arafah, muzdalifah dan Mina. Ketiga area tersebut berada di luar kota mekah yang jaraknya  5-25 kilometer.

4. Dari segi lamanya ibadah yang dilakukan, ibadah umroh yang dimulai dari mengambil niat umroh di miqot, tawaf mengelilingi kabah 7 kali, sai antara shafa dan marwa 7 kali dan diakhiri dengan tahalul hanya membutuhkan waktu 3-4 jam saja sudah komplet. Sedangkan ibadah haji tentunya membutuhkan waktu yang lebih panjang lagi. Paling cepat orang melaksanakan ibadah haji adalah 4 hari yaitu tanggal 9-10-11-12 dzulhijah. itupun bila mengambil nafar awal, sedangkan bila ia mengambil nafar tsani berarti tambah lagi menjadi 5 hari.

5. Haji karena membutuhkan waktu yang lebih lama tentunya lebih membutuhkan fisik yang prima, apalagi ditambah karena ibadah haji dilaksanakan bersamaan dengan jutaan manusia lainnya. Untuk umroh bila memilih pelaksanaannya di bulan desember juga akan menghadapi kondisi masjidil haram yang padat karena bersamaan dengan liburan akhir tahun dan musim dingin. tapi bila memilih pelaksanaan di bulan mei atau di musim panas, akan lebih longgar.

Demikian artikel tentang 5 perbedaan haji dan umroh, semoga bermanfaat.

 

 

Incoming search terms:

  • perbedaan haji dan umroh
  • perbedaan umroh dan haji
  • perbedaan haji dan umrah
  • 5 perbedaan haji dan umrah
  • perbedaan umrah dan haji
  • 5 perbedaan haji dan umroh
  • perbedaan haji dengan umroh
  • apa perbedaan umroh dan haji
  • apa perbedaan haji dan umroh
  • perbedaan amalan haji dan umroh
Mau Berangkat Umroh? Simak Pilihan Paket dan Promo Umroh Berikut Ini (Klik Disini)
5 Perbedaan Haji dan Umroh | kangbambang | 4.5