Suntik Meningitis Untuk Umroh

Ketika akan berangkat haji dan umroh maka syarat yang harus penuhi oleh jamaah adalah harus mendapatkan suntik vaksin meningitis dan ini sudah menjadi ketentuan dari pemerintah Arab Saudi sejak tahun 2002.

Kementerian Kerajaan Arab Saudi telah menjadikannya syarat pokok dalam pemberian visa bagi negara yang mengirimkan jamah haji dan umroh bahkan TKI/TKW yang akan masuk ke Saudi pun tidak luput dari kebijaksanaan ini.

Berikut ini akan dibahas tentang penyakit meningitis dan kenapa sampai pemerintah Arab Saudi mewajibkan jamaah haji dan umroh untuk suntik vaksin ini.

Fakta tentang penyakit meningitis

Meningitis adalah penyakit radang selaput otak. Penyakit yang terjadi pada meningis, yaitu selaput (membran) yang melapisi otak dan syaraf tunjang.

Meningitis dapat disebabkan berbagai organisme seperti virus, bakteri, ataupun jamur yang menyebar masuk ke dalam darah dan berpindah ke dalam cairan otak.

Ketika beribadah di tanah suci kita akan berkumpul dengan orang-orang dari semua negara termasuk jamaah yang menjadi endemik penyakit meningitis seperti Amerika Serikat, Afrika yang terbentang dari Senegal di barat ke Ethiopia di timur ( negara ini ditinggali kurang lebih 300 juta manusia) , dan Australia merupakan daerah yang termasuk endemik meningitis (sumber http://travelling.bisnis.com/read/20130423/85/10445/endemik-meningitis-hati-hati-melancong-ke-afsel-as-australia).

Penyakit meningitis bahkan sempat mewabah di Amerika Serikat gara-gara sebuah perusahaan farmasi di Massachusetts yang obat-obatannya telah teridentifikasi tercemar (sumber ).

Akibat dari penyakit ini adalah dapat menyebabkan kerusakan otak, hilangnya pendengaran, dan gangguan belajar. Jumlah korban meningitis di Amerika tercatat mencapai total 254 orang, dengan 20 di antaranya meninggal dunia.

Dari fakta di atas, tidak aneh bila Pemerintah Arab Saudi mewajibkan suntik vaksin meningitis bagi jamaah haji dan umroh yang akan beribadah di tanah suci.

Baca Juga:  Oleh-Oleh Khas Haji dan Umroh

Pemberian vaksin ini akan mempunyai masa kekebalan selama 2 tahun sehingga bila tahun depan akan melaksanakan umroh lagi tidak perlu melakukan suntik vaksin meningitis. Biaya untuk mendapatkan  vaksin ini adalah sekitar 400.000-500.000.

Biasanya pelaksanaannya oleh biro umroh akan dilakukan bersamaan waktunya dengan manasik umroh.

Demikian artikel tentang suntik meningitis untuk umroh, semoga bermanfaat.

Suntik Meningitis Untuk Umroh | kangbambang | 4.5