Beberapa Istilah Dalam Ibadah Umroh

Dalam menjalankan ibadah umroh ada beberapa istilah yang sering digunakan, akan lebih baik jika memahami artinya atau penjelasannya supaya kita bisa beribadah lebih baik di tanah suci. Berikut ini beberapa istilah yang biasa digunakan dalam ibadah umroh dan sedikit penjelasannya.

beberapa istilah dalam ibadah umroh

Istilah umroh dan penjelasannya

Beberapa Istilah Dalam Ibadah Umroh

Umroh: secara rukun yang disebut dengan umroh dimulai dengan  niat, thawaf, sai, tahalul dan tertib. Jika hal tersebut sudah kita laksanakan berarti sudah sah umroh kita.

Badal Umroh : Menggantikan orang lain untuk berumroh. Syarat orang yang di badal (digantikan) adalah orang tersebut sudah meninggal dunia. Dan setiap melakukan umroh hanya boleh untuk satu orang saja.

Thawaf: mengelilingi baitulloh sampai 7 kali, makna twawf adalah melatih diri terus berdzikir kepada Alloh dalam setiap keadaan sehingga merasa dilihat oleh Alloh, didengar oleh Alloh, dan selalu bersama dengan Alloh.

Thawaf  Sunah. Yang disebut thawaf wajib ada bersama dengan rangkaian umroh lainnya. Sedangkan thawaf sunnah adalah mengeliling baitulloh 7 kali dilaksanakan saat waktu luang kita.

Dalam sebuah hadis dari Abdullah bin Abbas ra, ia berkata rosulullah berkata sesungguhnya dalam setiap hari, siang dan malam, seratus dua puluh rahmat Alloh swt turun diatas Kabah. Enam puluh diantaranya untuk orang-orang yang Thawaf, 40 untuk orang-orang yang shalat dan 20 untuk orang yang memandanginya (ibnu ady dan baihaqi, Durul mansur)

Tawaf Wada. Adalah tawaf perpisahan, dilaksanakan sebelum kembali ke tanah air. Setelah Thawaf Wada dilarang untuk masuk ke masjidil haram , oleh karena itu biasanya dilaksanakan sebelum pulang umroh.

Miqot adalah tempat untuk mengambil niat umroh. Biasanya kalau yang memulai umroh dari Madinah akan mengambil miqot niat umroh di masjid bir ali. Kalau yang dari Mekah akan ke masjid Tanim terlebih dulu untuk mengambil niat umroh.

Masjidil Haram adalah masjid yang mengelilingi Kabah. Masjdil haram mempunyai 99 pintu berbentuk melingkar. Oleh karena itu supaya tidak tersesat maka ketika kita masuk masjid lihat kita masuk lewat pintu nomer berapa. kalau mau keluar masjid kita cari dulu pintu yang sama saat masuk masjid supaya tidak tersesat.

Dam adalah denda karena melanggar larangan dalam ibadah umroh. Setelah melakukan miqot umroh maka sejak itu berlakulah beberapa larangan selama melakukan ibadah umroh.

Raml adalah lari-lari kecil antara 2 pilar hijau hanya disunatkan bagi laki-laki, sedangkan bagi wanita tidak .  Raml atau lari-lari kecil ini ketika melakukan Sai.

Semoga dengan mengetahui arti dari beberapa istilah dalam ibadah umroh, kita tidak bingung ketika mendengar istilah tersebut.

Incoming search terms:

  • niat umroh
  • niat badal umroh
  • tata cara badal umroh
  • niat badal umrah
  • cara badal umroh
  • niat umrah badal
  • badal umroh
  • tata cara umroh untuk orang yang sudah meninggal
  • cara niat badal umrah
  • tata cara badal umrah
Mau Berangkat Umroh? Simak Pilihan Paket dan Promo Umroh Berikut Ini (Klik Disini)
Beberapa Istilah Dalam Ibadah Umroh | kangbambang | 4.5