Cara Minum Air Zam-Zam

Cara Minum Air Zam-Zam juga perlu diketahui jamaah haji dan umroh.

Air Zam-zam adalah air yang diberkahi yang dipancarkan dengan pukulan dari sayap Jibril alaihissalam tepat di bawah kedua telapak kaki Ismail alaihissalam.

1.Riwayat Air Zam zam

Air zamzam merupakan sumber penghidupan masyarakat Mekah sejak dulu.

Namun dengan kehendak Alloh sumur zamzam sempat menghilang beberapa lama sampai kemudian kakek rosululloh Abdul Muthalib yang memegang urusan pemberian minum dan bantuan untuk kabah bermimpi dalam tidurnya ada seseorang yang menyuruhnya untuk menggali zam-zam di suatu tempat itu maka digalilah tempat itu dan muncullah air.

Ketika kita berada di tanah suci kita dianjurkan untuk banyak minum air zamzam.

Cuma jangan salah di depan masjid nabawi dan di masjidil haram ada juga keran-keran minum tapi bukan air zamzam tetapi adalah air minum biasa (drinking water) .

Untuk membedakannya bisa kita lihat tulisannya apakah drinking water atau zam-zam.

Air zam-zam cukup mampu untuk menghilangkan dahaga di tengah panas kota mekah dan Madinah.

Sebanyak apa kita minum air zam-zam maka sebanyak itu keberkahan yang akan kita dapat. Lihatlah kota mekah yang gersang yang hanya pohon kurma dan pohon soekarno saja (di indonesia dikenal dengan nama pohon mimba, pohon Imbo atau Imba) yang bisa hidup disana, tetapi lihatlah buah-buahan dari manapun dapat kita jumpai di sana.

Lihatlah kondisi Mekah dan Madinah yang terdiri dari  gurun pasir yang tandus tetapi masyarakat boleh dibilang tidak kekurangan apa-apa. Hal tersebut dikarenakan  dulu Nabi Ibrahim telah berdoa memohon keberkahan kota Mekah, demikian juga nabi Muhammad berdoa untuk keberkahan kota Madinah 2 kali apa yang didoakan oleh nabi Ibrahim.

Baca Juga:  Baju Umroh Dian Pelangi Yang Dipakai Di Tanah Suci

Seperti itulah yang akan kita mintakan keberkahan terhadap umur dan hidup kita lewat minum air zam zam.

2.Adab minum air zamzam

Ketika minum air  zam zam kita disunahkan dalm keadaan berdiri dan menghadap qiblat sambil kemudian berdoa :

Allohumma inni asaluka ilman nafian, warizqon wasian wasyifaan min kulli dain wasaqamin birahmatika yaarhamarrahimin.

Artinya:

Ya Alloh, aku memohon kepadamu ilmu yang bermanfaat, rizki yang luas, kesembuhan dari segala penyakit , dengan rahmat-Mu wahai Tuhan yang maha pengasih lagi maha penyanyang.

Demikian doa minum air zam zam yang kalau kita lihat dari kandungan maknanya sesungguhnya telah menghimpun didalamnya hajat kita secara ringkas.

Cara Minum Air Zam-Zam | kangbambang | 4.5