Buka Tabungan Umroh, Yuk!

Untuk bisa berumroh ke tanah suci tentu saja butuh biaya yang tidak sedikit. Bagi kebanyakan orang untuk bisa pergi umroh kalau melihat secara dhahir tentu hanya orang yang berkecukupan saja yang bisa melaksanakannya. Memang kewajiban berumroh adalah bagi orang-orang yang mampu. Namun  faktanya banyak juga orang yang dari keluarga sederhana yang akhirnya bisa pergi berumroh walaupun harus menabung bertahun-tahun. Sekali lagi inilah pentingnya punya niat yang kuat. Dengan niat yang kuat inilah kita bisa punya motivasi untuk tirakat dan menyisihkan uang yang kita punya untuk diisi di tabungan untuk umroh.

buka tabungan umroh, yuk!

Tips supaya bisa menabung untuk umroh

Berikut ini ada beberapa tips supaya kita bisa menyisihkan penghasilan kita sehingga bisa buka tabungan umroh:

1. Tentukan tujuan dalam membuka tabungan umroh apakah untuk pribadi atau untuk orang tua misalnya. Jika untuk sendiri akan lebih baik jika kita membuka tabungan haji karena haji adalah wajib sedangkan umroh adalah sunah. Tapi jika untuk orang tua, mengingat daftar orang yang akan berangkat haji cukup panjang bisa 15-18 tahun, jika kita mendaftarkan haji orang tua kita sekarang, mungkin dari segi usia tidak akan mencukupi. Alternatif terbaiknya adalah mendaftarkan umroh.

2. Tetapkan target kapan bisa berangkat umroh. Penetapan target ini tentu ada hubungannya dengan kemampuan kita menyisihkan uang perbulan untuk disi ke tabungan umroh.

3. Besarnya uang yang kita bisa sisihkan adalah selisih antara pendapatan yang kita terima dikurangi pengeluaran-pengeluaran rutin dan tak terduga setiap bulan. Oleh karena kita ada baiknya jika kita mulai melakukan pencatatan berapa besarnya pengeluaran rutin tiap bulan. Dengan adanya catatan paling tidak kita bisa melihat bila ada pengeluaran rutin yang bisa dihapus atau dikurangi supaya bisa diisi ke tabungan umroh.

4. Memotivasi diri dengan membaca buku keutamaan Haji dan Umroh. Dengan mengetahui fadilah atau keutamaan amal dari ibadah haji dan umroh akan membangkitkan semangat kita untuk bisa menabung. Setidaknya inilah yang bisa kita lakukan  di tengah gempuran konsumerisme di sekelingi kita.

5. Sering kali kita berpikir supaya tabungan umroh kita cepat banyak, caranya adalah dengan menambah penghasilan baik itu dari bisnis sampingan dan lain-lain. Untuk perkara ini akan lebih baik jika  kita hati-hati dalam menambah penghasilan jangan sampai terjerumus dalam pekerjaan yang subhat bahkan haram. Alloh tentu tidak akan menerima amal yang yang dikerjakan yang didapatkan dari sumber yang tidak baik.

6. Membiasakan hidup hemat. Lihatlah semut ketika musim panas makanan yang ia dapat disimpan untuk persiapan untuk musim dingin ketika bahkan untuk keluar rumahpun tidak bisa karena cuaca yang tidak memungkinkan. Kesederhanaan akan berguna baik ketika kaya apalagi ketika kita miskin.

7. Jangan terlalu lama menyimpan uang lebih di dompet. Sekarang di bank sudah ada cash deposit machine (CDM) sehingga kita bisa memasukkan uang di tabungan tanpa antri lebih dulu. Antri inilah yang sering membuat kita malas untuk menabung apalagi bila uang yang akan ditabung sedikit.

8. Teruslah menabung walaupun kalau kita hitung tidak akan mungkin kita bisa berangkat haji atau umroh dengan uang hasil tabungan kita yang tidak seberapa. Menabung adalah salah bukti kita mempunyai niat yang kuat untuk berangkat haji dan umroh, selebihnya kita berserah diri biar Alloh saja yang memberangkatkan untuk memenuhi panggilannya.

Simak: Masjidil haram saat ini

Semoga artikel tentang buka tabungan umroh, yuk! yang berisi tips untuk menyisihkan uang supaya bisa berangkat umroh ini bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara menabung untuk umroh
  • menabung untuk umroh
  • tips menabung untuk umroh
  • tabungan umroh yang bagus
  • cara cepat umroh
  • cara menabung agar bisa umroh
  • tabungan umroh untuk orang tua
  • cara menabung buat umroh
  • cara menabung umroh
  • cara cepat bisa umroh
Mau Berangkat Umroh? Simak Pilihan Paket dan Promo Umroh Berikut Ini (Klik Disini)
Buka Tabungan Umroh, Yuk! | kangbambang | 4.5