Doa Pulang Haji atau Umroh

Ketika kita pulang dari haji atau umroh dan kembali ke kampung halaman, akan banyak tetangga atau teman-teman kita yang akan datang ke tempat kita untuk meminta barokah berupa air zam-zam, oleh-oleh khas tanah suci dan yang tidak kalah penting adalah minta doa pulang haji atau umroh.

Hal ini memang di dianjurkan oleh rosululloh sendiri sebagaimana tercantum dalam hadistnya:

Diriwayatkan oleh Ibnu Umar r.huma bahwa rosululloh saw bersabda, jika engkau bertemu dengan orang yang baru pulang dari menunaikan ibadah haji, maka ucapkanlah salam padanya, hendaklah engkau berjabat tangan dengannya, dan meminta kepadanya supaya memohonkan magfirah untukmu sebelum ia masuk ke dalam rumahnya karena ia telah kembali dalam keadaan bersih dari dosa (HR. Ahmad, Misykat)

 Oleh karena itu tentu kita harus menyiapkan doa yang akan dibaca dihadapan banyak orang yang bertamu di rumah kita.

Untuk masalah ini sebenarnya tidak ada doa yang khusus, artinya boleh doa apa saja yang sudah kita hapal.

Atau misalnya belum ada doa yang kita hapal maka salah satu doa yang ringkas yang bisa dan mudah kita hapal yang bisa dibaca pada acara ini adalah doa minum air zam zam.

Doa ini kalau kita lihat maknanya sudah menyeluruh untuk semua hajat kita.

Kemudian akhirilah dengan doa sapu jagat dan doa antara rukun yamani dan hajar aswad sebagai berikut:

Rabbanaa aatinna fiddun yaa hasanah wa fil akhirati hasanah aqinna adza bannaar. wa adkhilnal jannata ma al abraar. Ya azizu ya ghafar ya robbal alamiin.

Kalau kita mendengar doa seperti ini di suatu pengajian atau taklim,  biasanya yang empunya doa sudah pernah haji atau umroh.

Baca Juga:  Menjaga Umroh Tetap Mabrur Selepas Pulang Umroh

Demikian artikel tentang doa pulang haji atau umroh, semoga menginspirasi.

Doa Pulang Haji atau Umroh | kangbambang | 4.5