About

Bisa berkunjung ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah umroh adalah suatu kenikmatan dari Alloh yang tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Tentunya untuk bisa beribadah dengan baik saat umroh, kita membutuhkan persiapan dan pengetahuan yang cukup. Sayangnya memang jadwal manasik umroh biasanya cuma dilaksanakan 1 atau 2 kali tentunya tidak bisa memberikan pengetahuan yang lebih banyak kepada yang ingin berangkat umroh.

Saat umroh di tanah suci (Mekkah dan Madinah) akan banyak ibadah yang bisa kita laksanakan di sana. Umroh sendiri menurut rukun umroh hanya terdiri dari niat, tawaf, sai, tahalul yang bila dikerjakan hanya membutuhkan 4-5 jam saja. Bila kita kerjakan dengan tertib maka sudah sah umroh kita. Oleh karena itu masih banyak waktu selain umroh yang bisa kita kerjakan di sana. Biasanya sebelum umroh kita akan ke madinah untuk mengunjungi kota suci ini yang paling penting adalah untuk berziarah ke makam rosululloh. Sebuah hadist mengatakan :

Barang siapa yang menziarahi aku setelah wafatku, seakan akan ia telah menziarahiku semasa hidupku (HR Thabrani, daruqutni, baihaqi).

Oleh karena itu perlu kita tahu tentang keutamaan kota Madinah dan adab-adab berziarah ke makam rosululloh. Selain itu disana juga ada masjid nabawi, raudhah, makam para sahabat serta tempat-tempat bersejarah bagi islam yang akan kita ziarahi juga saat umroh.

Demikian juga ke ketika di Mekah ada banyak hal yang bila kita tahu kita bisa memaksimalkan ibadah kita kepada Alloh sehingga bisa meraih pahala umroh yang kita kerjakan. Oleh karena itu blog sederhana ini saya persembahakan kepada bagi para jamaah yang akan berangkat umroh, semoga bisa mendapatkan pengetahuan lebih banyak dan berguna saat ada di tanah suci mekah dan Madinah.

Amien.

Incoming search terms:

  • kalau rp 1jt berapa riyal saudi
  • manasik umroh cuma 2 jam
  • tata cara melaksanakan ihrampada saat umroh